Terpilihnya Trump sebagai presiden AS, bersama keluarnya Inggris dari Masyarakat Eropa, melengkapi kekhawatiran tentang dunia yang tidak ramah dengan kaum Muslim. Tetapi mengapa kaum Muslim di Indonesia justru memperlihatkan tanda-tanda meluasnya intoleransi?
September 2017
Hari ini
Mg Sn Sls Rb Kms Jmt Sbt
272829303112
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
1234567
 

Kebijakan Publik



What is Public Policy?
25 Februari 2010
Bagi para mahasiswa S1 Jurusan Administrasi Negara, topik bahasan dalam mata kuliah Kebijakan Publik mungkin merupakan sesuatu yang sama sekali baru karena diberikan pada tahun awal masa kuliah. Karena itu, saya sengaja mengawali kuliah dengan pertanyaan yang sangat mendasar: Apa yang dimaksud kebijakan publik (public policy) itu? Di mana lingkup dan konteks kebijakan publik itu berlaku di Indonesia? Siapakah yang merumuskan kebijakan publik dalam hal ini? Mata kuliah ini sebenarnya lebih tepat disebut Perumusan Kebijakan Publik karena yang dibahas adalah proses perumusannya dan bukan analisis yang bersifat metodologis untuk membuat kebijakan publik yang ideal. Saya berharap mahasiswa dapat menggali lebih dalam lagi berbagai konsep mengenai perumusan kebijakan publik dari berbagai sumber yang sudah tersedia di perpustakaan atau mesin pencari dokumen di Internet. [selengkapnya...]
 
Pembiayaan Pembangunan Transportasi Massal di Jakarta, Tugas 4 Mei 2009
04 Mei 2009
Penganggaran atau penentuan alokasi biaya bagi suatu proyek publik merupakan salah satu sumber konflik kepentingan diantara para perumus kebijakan. Kendatipun situasi problematisnya sudah jelas dan urgensi masalah yang sudah sangat mendesak, suatu rencana pembiayaan bisa saja batal karena tidak adanya kompromi kepentingan diantara para perumus kebijakan. Rencana pembiayaan untuk membangun transportasi massal di Jakarta adalah merupakan salah satu kasus yang dapat dijadikan pelajaran bagi para perumus kebijakan. Apa saja pelajaran yang dapat dipetik dari kasus ini? [selengkapnya...]
 
Instrumen Anggaran untuk Meredam Dampak Krisis Global
02 Maret 2009
Tugas Kebijakan Publik, 2 Maret 2009.
instrumen-anggaran-untuk-meredam-krisis-global.pdf [selengkapnya...]
 
Kendala Implementasi dalam Kebijakan Konversi Minyak Tanah
09 Mei 2008
Kenaikan harga minyak tanah yang menggila betul-betul membuat pening kepala para perumus kebijakan publik di Indonesia. Masalahnya adalah bahwa kenaikan harga minyak yang sudah mencapai lebih dari US$ 120 per barel itu akan mengharuskan pemerintah untuk membuat pilihan-pilihan yang sulit. Sementara itu kepanikan karena dana APBN yang tersedot untuk subsidi minyak di dalam negeri menghasilkan banyak kebijakan yang dilaksanakan tanpa persiapan yang memadai. Kebijakan konversi bahan-bakar rumah tangga dari minyak tanah ke gas elpiji adalah merupakan contoh yang jelas betapa sebuah kebijakan yang dirumuskan tanpa memperhitungkan kendala implementasi akan banyak menemui kegagalan.

[selengkapnya...]
 
Silabus Kebijakan Publik
02 Mei 2008

By kumoro | May 29, 2008

 

Silabus ini adalah pembaruan (up-date) dari yang pernah digunakan pada semester II tahun akademik 2006-2007. Kasus-kasus baru terus akan ditambahkan sebagai bahan pembelajaran bagi para mahasiswa. Karena itu partisipasi aktif mahasiswa dalam diskusi tentang kasus dan bahan-bahan baru yang relevan dengan kuliah Kebijakan Publik sangat diharapkan.
silabus-kebijakan-publik.pdf

[selengkapnya...]
 
Belajar dari Kegagalan Implementasi Kebijakan BLT
23 April 2008

By kumoro | April 23, 2008

 

Harga minyak di pasar internasional pada bulan April 2008 ini sudah mencapai tingkat tertinggi sepanjang sejarah. Bagi pemerintah, tampaknya tidak ada pilihan lain kecuali menaikkan harga BBM di dalam negeri sekalipun risikonya adalah popularitas presiden sebagai taruhan. Lalu apa yang akan dilakukan oleh pemerintah untuk meredam dampak negatif dari kebijakan semacam itu terhadap ekonomi masyarakat? Apakah mesti diterapkan kebijakan BLT seperti pernah dilakukan pada tahun 2005 yang sangat banyak penyimpangan itu? Kasus untuk kuliah Kebijakan Publik berikut ini kiranya dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak mengenai kegagalan implementasi dari suatu kebijakan yang dirumuskan secara tergesa-gesa dengan persiapkan yang serampangan.
tugas-25-april-2008-implementasi-blt.pdf

[selengkapnya...]



 
   Copyright © 2016 Wahyudi Kumorotomo. All rights reserved.