Tahun 2024 ini rakyat Indonesia akan mengadakan perhelatan besar: Pemilu untuk meneruskan regenerasi kepemimpinan. Ada banyak pendapat bahwa Indonesia sedang mengalami "democracy backsliding" sehingga kualitas hasil Pemilu kali ini banyak diragukan. Betulkah?
Maret 2024
Hari ini
Mg Sn Sls Rb Kms Jmt Sbt
252627282912
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31123456
 

Sistem Informasi Manajemen dan E-Gov



Manajemen Sistem Berbasis Komputer dalam Organisasi Publik
15 Desember 2007

By kumoro | December 15, 2007

 

Organisasi publik di Indonesia kebanyakan masih ketinggalan dalam pengembangan sistem yang berbasis komputer. Ini terutama sangat terasa di tingkat daerah. Karena itu, para kader organisasi publik di daerah hendaknya memahami lebih baik manajemen sistem berbasis komputer yang semakin kompleks dan memerlukan spesialisasi pekerjaan yang rumit. Kuliah ini memberikan beberapa persoalan teknis yang dihadapi ketika manajer publik memutuskan untuk mengalihkan sistem yang sebelumnya bersifat manual dan mekanis ke dalam sistem berbasis Teknologi Informasi yang mengandalkan perangkat komputer.

manajemen-sistem.pdf

[selengkapnya...]
 
Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems)
01 Desember 2007

By kumoro | December 1, 2007

Yang disebut Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems) adalah sistem pengolahan data yang dimaksudkan untuk menunjang proses perumusan kebijakan atau pembuatan keputusan bagi para manajer publik. Sistem ini terutama dimaksudkan untuk menyajikan data yang bersifat tidak terstruktur (unstructured). Tidak dapat dihindari bahwa para manajer publik, terutama di tingkat manajemen puncak seperti Gubernur atau Bupati/Walikota, harus bisa mengolah dan mencerna informasi yang terserak, terfragmentasi, dan tidak mungkin pengolahannya diserahkan kepada perangkat elektronik saja. Karena itu diperlukan identifikasi yang jelas mengenai jenis data yang diperlukan, kebutuhan analitisnya, serta keputusan-keputusan apa yang dapat ditunjang oleh informasi yang dihasilkan.

sistem-pendukung-keputusan.pdf

[selengkapnya...]
 
Silabus Sistem Informasi Manajemen
02 November 2007

By kumoro | September 17, 2007

 

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah salah satu mata kuliah pokok pada program S2 Ilmu Administrasi Negara, UGM. Selain membekali mahasiswa dengan berbagai konsep dasar manajemen informasi, kuliah juga membahas teknik-teknik perencanaan sistem informasi, penguasaan perangkat lunak database, serta studi kasus dalam aplikasi teknologi informasi dalam organisasi publik.

silabus.pdf

[selengkapnya...]
 
Dasar-dasar Sistem Informasi Modern
06 Oktober 2007

By kumoro | October 6, 2007

 

Tidak dapat dihindari bahwa sistem informasi dalam organisasi yang modern menghendaki penggunaan perkakas komputer secara optimal. Ada empat unsur yang penting dalam sistem yang modern ini, yaitu: sumberdaya manusia, perangkat keras, perangkat lunak, dan prosedur. Perubahan teknologi informasi yang demikian cepat menuntut organisasi agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi komputer sebaik-baiknya.

dasar-dasar-sistem-informasi-modern.pdf

[selengkapnya...]
 
Data dan Informasi
02 April 2007

By kumoro | September 20, 2007

Manajemen Informasi diberikan sebagai salah satu mata kuliah pokok pada program studi S2 Administrasi Negara, Universitas Gadjah Mada. Kuliah pengantar ini membahas secara detil perbedaan pokok antara data dan informasi. Tugas penting dalam manajemen organisasi yang modern adalah mengolah informasi sehingga bisa menjadi penunjang yang baik bagi pembuatan keputusan. Kuliah juga membahas tentang arti pentingnya informasi sebagai aset dan sekaligus alat produksi yang vital bagi organisasi.

data-dan-informasi.pdf

[selengkapnya...]



 
   Copyright © 2020 Wahyudi Kumorotomo. All rights reserved.